Ma’ruf Maju Pilpres, Yenny: Suara NU Tak Utuh untuk Satu Paslon

Lotus4d.com – Jakarta – RaisAamPBNUKHMa’ruf Amin maju sebagai bakal cawapresdiPilpres 2019, mendampingi bakalcaprespertahanaJokoWidodo. Putri mantan Presiden RI ke-4Abdurrahman Wahid,Yenny Wahid mengatakan suara dariwargaNadlatul Ulama (NU) tidak pernah utuh untuk mendukung salah satu pasangan calon disetiapkontestasi.
“Dari dulu suara warga Nahdliyin tidak pernah utuh hanya di salah satu calon, ya itu kita lihat sejarah NU saja,” kata Yenny Wahid ketika menghadiri doa bersama warga NU di Koja, Jakarta Utara, Minggu (19/8/2018).
Yenny mencontohkan ketika KH Hasyim Muzadi maju dalam kontestasi di Pilpres 2004 berpasangan dengan Megawati Soekarno Putri. Saat itu, menurut Yenny, keluarga NU juga tidak memihak.
“Ketika salah satu tokoh NU ikut dalam konstestasi politik yaitu almarhum KH Hasyim Muzadi, keluarga NU tidak memihak. Jadi ya warga NU punya prosesnya sendiri dalam membuat keputusan,” terangnya.
Yenny menjelaskan hal itu karena setiap warga NU berada di masing-masing Parpol dan memiliki pilihan masing-masing. Dia menambahkan warga NU yang berada di Parpol akan mendukung apa yang diusung partainnya. Menurut Yenny, hal itu juga akan terjadi 2019 nanti.
“Warga NU ini kan dibanyak partai, warga NU ada yang di PPP, ada yang di PKB, ada yang di Demokrat, Golkar, ada yang di Gerindra, dimana-mana. Jadi otomatis warga NU yang di PKB, PPP, Nasdem, Golkar kemungkinan akan nyoblos Pak Jokowi dan Kiai Maruf Amin, sedangkan warga NU yg di Gerindra akan nyoblos ke Pak Prabowo,” ujarnya.
Yenny yakin pilihan warga NU untuk mendukung salah paslon itu berdasarkan sikap individu bukan sikap organisasi NU. Sebab, bagi Yenny NU itu harus netral tidak memihak.
“Tidak boleh, memang NU dari dulu netral dalam berpolitik,” tegas Yenny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *