Pasokan listrik jadi kendala operator seluler pasca gempa NTB

Lotus4d.com – Tak bisa dimungkiri pasca gempa di NTB membuat layanan komunikasi dari seluruh operator seluler terganggu. Namun, kini semua operator kompak mengatakan bahwa semua berangsur membaik.

Menurut General Manger (GM) External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin, kondisi jaringan Telkomsel memang berangsur membaik, tetapi terjadi penurunan kualitas layanan data dan suara.

“Terutama di wilayah pusat gempa, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa dan Bima, mayoritas dikarenakan belum optimalnya pasokan listrik di wilayah-wilayah tersebut,” katanya kepada Merdeka.com, Senin (6/8).

Sejauh ini, lanjut Denny, masih terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk percepatan pemulihan pemadaman listrik total.

“Telkomsel terus memantau dan mengidentifikasi site-site yang terkena gangguan ataupun berpotensi, serta memobilisasi genset mobile untuk mengaktifkan BTS yang mengalami kendala pasokan listrik,” ungkap dia.

Hal senada juga diungkapkan Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman. Hanya saja, dia tak menyebutkan upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan pasca gempa.

“Saat ini kondisi aman, namun hanya sedikit terkendala oleh pasokan listrik,” singkatnya.

Soal pasokan listrik juga menjadi kendala yang sama bagi Tri Indonesia. Operator seluler ini menyebutkan beberapa BTS-nya mengalami gangguan karena kurangnya pasokan listrik.

“Tidak ada gangguan konstruksi BTS,” kata Arum K. Prasodjo, DGM Public Relation & Media Tri Indonesia.

“Sebagian BTS kami sudah up seiring dengan kembalinya pasokan listrik dari PLN dan sebagian lagi kami re-route ke BTS lain,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Teknologi XL, Yessie D. Yosetya juga turut berpendapat terkait dengan layanannya di NTB pasca gempa.

Diakuinya, beberapa BTS sempat padam setelah gempa, namun hal ini lebih karena terputusnya aliran listrik. BTS-BTS tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan.

“Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu,” katanya.

Selain genset, tim teknis juga menyiapkan opsi lainnya berupa redirect coverage dan juga kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.

“Jaringan XL Axiata di Lombok Utara terus berangsur normal kembali, termasuk jaringan di area Tanjung, yang menjadi pusat pemerintahan Kab. Lombok Utara. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data,” jelasnya.

Lotus4d.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *