Menkes akui butuh kerja keras mendistribusikan vaksin ke daerah terpencil

Lotus4d.com – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengakui butuh kerja keras untuk mendistribusikan vaksin Rubella ke wilayah Papua dan daerah-daerah terpencil lainnya. Faktor utamanya adalah kendala kondisi geografis.

“Kalau di Kota Makassar mungkin aksesnya kita masih bisa kuasai, tapi di Papua misalnya, harus bekerja lebih keras lagi karena beda kondisi geografisnya, lalu transportasinya. Bagaimana membawa vaksinnya, itu juga butuh kerja keras dan pemikiran luar biasa,” kata Nila kepada wartawan usai kampanye imunisasi Measles Rubella atau campak Rubella fase II serentak di MTs Negeri 1 Makassar, Jalan AP Pettarani, Rabu (1/8).

Namun walaupun ada kendala, distribusi vaksin ke daerah-daerah tersebut tetap harus dilakukan.

Nila menjelaskan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa perihal vaksinasi. Dengan demikian, dia berharap tidak ada lagi polemik di tengah masyarakat.

“Saya kira MUI tidak menolak karena sudah pernah keluar fatwa MUI No 4 tahun 2016 lalu, yang intinya jika untuk pengobatan dan pencegahan itu diperbolehkan. Inilah yang menjadi dasar kami, selanjutnya kita berkoordinasi dengan MUI dan terus memprosesnya untuk meyakinkan bahwa betul-betul vaksin ini merupakan hal yang patut dipakai untuk masyarakat,” tandasnya.

Lotus4d.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *