Deretan aktivitas ini bisa menurunkan kualitas sperma

Sperma adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan seorang pria. Sperma itu sendiri adalah sel yang akan membuahi sel ovum milik wanita. Kualitas sperma yang pria miliki sangat menentukan terjadinya pembuahan. Oleh karena itu memelihara kesehatan dan kualitas sperma memang sudah menjadi sebuah kewajiban bagi para laki-laki.

Mengutip laman Health mengenai tips seks, ketidaksuburan pada pria sering terjadi karena kualitas sperma yang buruk. Hal tersebut terjadi karena banyak hal. Bisa dari makanan yang mereka konsumsi, pola hidup yang tidak baik, dan bisa juga karena aktivitas yang mereka lakukan setiap hari yang secara tidak sadar bisa menurunkan kualitas sperma mereka. Aktivitas tersebut antara lain adalah:

1. Sering Mandi Air Panas

Bagi pria yang suka mandi air panas, cobalah untuk mengurangi aktivitas ini. Karena apa? Studi mengungkapkan mandi air panas bisa menyebabkan buruknya kualitas sperma. Seorang urolog bernama Paul Shin dari Washington, AS, mengungkapkan jika, paparan suhu panas pada testis atau organ intim bisa berdampak pada kualitas sperma.

Penelitian yang dilakukan di 2007 bahkan menyebutkan jika pria berendam air panas sedikitnya selama 30 menit bisa menurunkan kualitas sperma lebih cepat.

2. Memangku laptop

Di zaman modern seperti saat ini, laptop dan segala gadget lainnya menjadi kebutuhan utama dari sebagian besar orang. Penggunaan laptop yang terlalu sering apalagi memangku laptop terlalu sering dikatakan bisa menurunkan kualitas sperma pada pria.

Menurut penelitian yang dilakukan di State University of New York, memangku laptop bisa meningkatkan suhu skrotum hingga mencapai 35 derajat Celcius.

Peningkatan suhu inilah diyakini memengaruhi kualitas sperma. Tak hanya buruk bagi kualitas sperma pria, penggunaan laptop juga akan berpengaruh pada kesuburan wanita. Jadi, usahakan memangku laptop seperlunya saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *