Peran Guardiola di Balik Sukses Inggris ke Semifinal

Lotus4d.com – Jakarta – Di balik sukses Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018, ternyata ada peran Pep Guardiola. Hal itu diungkap legenda Inggris dan Manchester United, Paul Scholes.

Inggris sukses melaju ke babak empat besar Piala Dunia 2018, dengan terakhir mengandaskan Swedia 2-0 di perempatfinal. Manajer Gareth Southtgate membawa Harry Kane dkk melaju mulus di Rusia.

Di Piala Dunia 2018, Southgate memakai formasi tiga bek. Trio Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire menjadi pengawal kiper Jordan Pickford di belakang.

Di tengah ada Jordan Henderson, Dele Alli, dan Jesse Lingard dengan Kieran Trippier dan Ashley Young di sisi sayap sebagai full back, dan di depan ada Raheem Sterling dan Harry Kane.

Scholes menilai padunya formasi Inggris itu tak lepas dari peran Guardiola, yang juga menerapkan taktik serupa di Manchester City. Eks manajer Barcelona itu mengantar The Citizen menjuarai Premier League dan Piala Liga dengan taktiknya.

Dan Scholes menilai Southgate mencontoh apa yang dilakukan manajer asal Spanyol tersebut. Inggris pun melenggang ke semifinal, mengulang capaian di Piala Dunia 1990.

“Dia jelas begitu (memengaruhi Timnas Inggris). Terutama ketika Anda melihat cara mereka menerapkan tiga bek, gaya bermain penjaga gawangnya,” ungkap Scholes, yang punya 66 caps Timnas Inggis kepada BT Sport yang dilansir Yahoo! Sport.

“Saya tak berpikir Gareth menjadikannya rahasia. Dia melihat Pep dan dia mencontoh pemikirannya. Dia ingin tahu bagaimana memproduksi gaya sepakbola seperti itu. Sebagai fans dan mantan pemain Inggris, kami ingin melihat gaya sebaik mungkin.”

“Spanyol memainkan sepakbola terbaik, Manchester City juga, jadi mengapa tidak meniru gaya bermain seperti itu?” jelas Scholes, yang menjadi pundit di BT Sport.

Selanjutnya Inggris akan menatap Kroasia di Luzhniki Stadium, Moskow, Rabu (11/7). Jika menang, The Three Lions tinggal menatap pemenang Prancis vs Belgia di final, 15 Juli mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *