9 Legenda hantu nenek-nenek yang bikin bulu kuduk berdiri

Lotus4d.com – Setiap daerah, budaya, maupun negara memiliki legenda atau cerita rakyat. Beberapa di antaranya memberikan pesan moral yang baik. Sementara sisanya dianggap sebagai dongeng seram untuk diceritakan di malam hari. Dongeng dan legenda bernuansa gelap ini biasanya melibatkan sosok menyeramkan. Ada yang bersosok monster atau manusia dengan wajah menakutkan.

Di antara sekian banyak legenda dan cerita rakyat yang diturunkan secara verbal, beberapa di antaranya berkaitan dengan sosok hantu wanita tua alias nenek-nenek. Kebanyakan digambarkan sebagai makhluk kejam, sesuai dengan paras mereka yang menakutkan. Tak sedikit pula yang diyakini sebagai makhluk pelindung rumah dan anak-anak. Mari kita simak beberapa kisah mereka lewat uraian berikut.

1. Onibaba

Onibaba adalah sosok setan berwujud wanita tua yang dikenal dalam cerita-cerita rakyat Jepang. Mereka diyakini sebagai hantu wanita yang berubah menjadi oni (setan), karena memendam kebencian saat meregang nyawa. Wanita yang meninggal sebagai karma atas perbuatan buruk yang dilakukannya juga berubah menjadi hantu ini.

Karakter onibaba kerap muncul dalam legenda, dongeng, dan teater. Dua di antaranya adalah kisah Momiji Densetsu dari Togakushi dan Suzuka Gozen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *