BKPIM ingatkan masyarakat, gigitan ikan Arapaima bisa sebabkan kematian manusia

Lotus4d.com – Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang membuka posko penyerahan ikan predator Arapaima Gigas. Pembuatan posko ini sebagai tindak lanjut adanya pelepasan ikan arapaima di Sungai Brantas yang mengancam ekosistem ikan lokal.

Kepala BKPIM Semarang, Gatot R. Perdana mengatakan, pemilik ikan aligator dan arapaima gigas bakal dijerat hukuman penjara maksimal 6 tahun serta denda sampai Rp 2 miliar. Pasalnya, ikan tersebut termasuk dalam 152 habitat laut sesuai Permen Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 yang sifatnya berbahaya dan invasif sehingga dikhawatirkan mendominasi ekosistem laut. Kepemilikan ikan kategori berbahaya dan invasif tersebut dilarang keras oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Makanya, kita menindaklanjuti arahan Menteri Susi Pudjiastuti untuk menyosialisasikan kepada masyarakat Jawa Tengah bahwa ikan jenis itu sangat berbahaya dan bisa menurunkan populasi ikan lainnya di perairan. Bahkan, jika tergigit bisa menyebabkan kematian pada manusia,” tutur Gatot, Minggu (1/7).

Dia menjelaskan terdapat 152 ikan berbahaya dan invasif. Di Jawa Tengah, menurutnya ikan Arapaima Gigas ukurannya bisa mencapai 3 meter. Ikan Arapaima dikenal sangat rakus dan kerap memangsa ikan-ikan kecil yang berada di perairan lepas.

Ikan lainnya yang termasuk kategori berbahaya dan invasif yaitu piranha. Piranha yang hidup di Amazon Brasil sangat berbahaya bila dibawa ke Indonesia dan dilepasliarkan. “Itu predator laut yang berbahaya dan sangat buas. Hasil monitoring kita, arapaima, sapu-sapu, aligator ada banyak di Jateng dan dilarang untuk dipelihara,” ungkapnya.

Dia mengimbau kepada para hobies yang kerap memelihara ikan jenis itu untuk menyerahkannya. Dengan begitu, maka bisa dititip rawatkan sementara sebelum dimusnahkan. Penyerahan ikan berbahaya dan invasif diberi tenggat waktu sebulan mulai 1 Juli-31 Juli. Penyerahan ikan yang sifatnya berbahaya dan invasif bisa dilakukan di dua posko BKIPM yang ada di Jalan Suratmo Semarang maupun Jalan Adi Soemarmo Solo.

Lotus4d.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *