Bahaya Makan Mie dan Coklat Secara Bersamaan

Lotus4d.com – Sebuah pesan terkait bahaya makan mi instan bersamaan dengan cokelat beredar di pengguna aplikasi WhatsApp. Pesan itu mengatasnamakan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri yang merupakan mantan Menteri Perikanan dan Keluatan.

Selain menggunakan nama Rokhmin Dahuri, pesan singkat itu juga mencatut nama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Pesan tersebut berisi kisah seorang wanita yang meninggal tragis. Semua alat inderanya mengeluarkan darah akibat reaksi kimia yang ditimbulkan setelah makan cokelat sehabis mengonsumsi mi instan yang mengandung Arsenic Pentoxide.

Menanggapi informasi itu, Kemenkes RI bereaksi dengan mengunggah tanggapan di akun Instagram resminya @kemenkes_ri. Kemenkes menyatakan, pesan berantai tersebut hoaks.

“Halo Healthies! Pernah dapat broadcast message seperti ini? Harus diperiksa lagi kebenarannya loh, apakah berita itu benar atau hoax,” tulis akun tersebut.

Dalam salah satu komentar, akun @giztafauzi menyatakan, hoaks tersebut merupakan pesan lawas yang pernah beredar pada tahun 2012.

menelusuri peredaran pesan tersebut di internet dan menemukan informasi yang sama pada tahun 2016 dan 2017. Bahkan, situs Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinkes DIY) sudah pernah menyatakan, pesan tersebut adalah hoaks.

“Berdasarkan hasil pengujian laboratorium, disimpulkan bahwa produk mi instan yang terdaftar dan beredar di Indonesia memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku, serta dinyatakan aman untuk dikonsumsi,” kata Dra. Kustantinah, Apt, M.App.Sc yang saat itu menjabat sebagai Kepala BPOM RI seperti dikutip dari situs Dinkes DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *