Seni Meresapi Kenikmatan Secangkir Kopi Yang Mantap

Lotus4d.com –  Kopi adalah minuman favorit banyak orang di dunia. Namun ternyata perlu cara khusus agar kenikmatan kopi yang dicicipi mampu teresapi secara sempurna. District Coffee Master Starbucks, Ganesha IKG Sitanggang menyebutkan sejumlah langkah yang harus dilakukan saat coffee tasting alias mencoba kopi. Coffee testing jika dilakukan sering dan rutin akan meningkatkan sensitivitas lidah seseorang saat menikmati kopi. Dimulai dari menaruh tiga jari di atas permukaan gelas dan menghirup aroma kopi tersebut. “Cium aroma kopinya dari sela-sela jari. Sebab kalau menghirup biasa aromanya akan menyebar. Sedangkan kalau ditutup aromanya bisa lebih fokus ke hidung kita,” kata Ganesha saat ditemui di gerai Starbucks Jalan Pangeran Diponegoro, Medan beberapa waktu lalu. Tahap berikutnya adalah menyeruput kopi. Meminum kopi tersebut juga sebaiknya tak ditenggak atau diminum langsung ke mulut, melainkan diseruput perlahan. Hal ini agar kopi menyebar di seluruh permukaan lidah.

Lotus4d.com

Rasa yang didapatkan akan menjadi kompleks lidah memiliki bagian-bagian tertentu dengan kemampuan mengecap berbagai rasa. Setelah itu, resapi dan sampaikanlah rasa apa yang kita dapatkan dari menyeruput kopi tersebut. Kopi hitam rasanya pahit. Untuk merasakan kopi tersebut kita juga bisa melakukan food pairing atau merasakan kopi dengan bantuan makanan. District Coffee Master Starbucks lainnya, Rangga Hady Tama menjelaskan, food pairing akan memberikan kita pengalaman merasakan kopi saat diminum pertama kali dan perbedaannya setelah kopi dan kue bercampur di mulut. Caranya, adalah mencicipi kopi terlelbih dahulu. Setelah mendapatkan rasanya, baru kita menggigit kue yang dipilih. Kemudian, bilas menggunakan kopi. “Kalau pairing food-nya pas maka bakal muncul rasa baru. Rasa baru yang enggak bisa kita dapatkan kalau minum kopinya saja atau makan kuenya saja,” kata Rangga.

Selain itu, dalam menikmati kopi Rangga juga tak menyarankan agar kopi dikonsumsi tanpa gula. Penyajian kopi menurutnya adalah selera pribadi. Menikmati kopi yang kita sukai menurutnya adalah menikmati rasa yang membuat kita nyaman, bukan apa yang disukai orang lain. Termasuk memakai gula atau tidak. Setelah menemukan rasa yang kita sukai dan kita anggap nyaman, barulah kita mencari kopi yang pas. Misalnya, jika menyukai kopi susu. Maka nikmatilah kopi susu dan temukan kopi susu di tempat manakah yang membuat kita nyaman. “Jadi, sukanya kita dulu baru ikuti trennya. Jangan ikuti tren baru kita menyesuaikan. Yang penting lidah kita nyaman. Kenyamanan itu yang membuat badan kita lebih menerima dan membuat kita lebih happy,” tuturnya.

Lotus4d.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *