5 Teknologi Canggih Film Avengers yang Kini Hadir di Dunia Nyata

Lotus4d.com – Film yang berkisah tentang superhero selalu disukai karena kerap menawarkan perjuangan melawan kebatilan.

Salah satunya film Avengers besutan Marvel. Film yang mengumpulkan seluruh superhero Marvel Comics seperti Thor, Captain America, Hulk, Iron Man, dan Black Widow ini selalu dinantikan kehadirannya.

Tak heran, sekuelnya bertajuk Avengers: Infinity War yang bakal tayang pada 27 April 2018 mendatang menjadi perbincangan hangat dan trending nomor satu di berbagai media sosial.

Tidak cuma diisi adegan aksi yang mendebarkan, barisan senjata dan teknologi serba canggih juga menjadi alasan kenapa film ini menjadi favorit banyak orang.

Avengers berhasil membuat siapa saja yang menonton berdecak kagum dengan kecanggihan teknologinya.

Berdasarkan cerita komik aslinya, beberapa karakter Avengers menggunakan teknologi modern nan canggih sebagai senjata pertahanan mereka.

Beberapa karakter penting yang ada di Marvel Comics, seperti Iron Man juga Captain America dikelilingi jajaran teknologi mutakhir yang hanya ada di dunia fiksi ilmiah.

Tahukah kamu, beberapa teknologi modern serba canggih yang dimiliki tokoh Avengers di film ternyata berhasil diwujudkan dalam dunia nyata?

1. Hologram

Jika kamu pernah menyaksikan film besutan Marvel, seperti Iron Man juga Avengers, maka kamu bisa menemukan banyak sekali penggunaan teknologi hologram.

Dalam film-film tersebut, sosok Tony Stark kerap ditampilkan sedang merancang teknologi baru atau menganalisa suatu keadaan menggunakan Hologram.

Hologram ini dapat menampilkan model berupa manusia maupun benda dengan sudut pandang 360 derajat yang tampak sangat nyata.

Teknologi ini dapat menampilkan visualisasi seperti keadaan sebenarnya, berikut dengan gerakan-gerakan yang mengikuti contoh model sebenarnya.

Jika dulu teknologi hologram hanya bisa dilihat di film-film, saat ini bukan lagi sebatas mimpi. Sejumlah perusahaan teknologi berupaya mengembangkan teknologi hologram dan menerapkannya pada alat-alat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia.

Misalnya pada televisi, smartphone, dan jugakomputer. Teknologi ini menjadikan gambar-gambar dan tampilan yang ada di layar seolah-olah keluar dari layar dan menjadi nyata.
2. Kecerdasan Buatan (AI, Artificial Intelligence)

Dalam kesehariannya, para superhero yang tergabung dalam Avengers dikelilingi teknologi serba canggih. Tony Stark salah satunya.

Dalam setiap pergerakannya, Tony Stark dibantu asisten pribadi berbasis kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) bernama J.A.R.V.I.S (Just A Rather Very Intelligent System) untuk melakukan berbagai hal.

Sistem cerdas ini bisa mengerjakan beberapa proyek sekaligus yang diberikan oleh Stark padanya. Mulai dari mengontrol perusahaan yang dijalankannya hingga menganalisa medan pertempuran.

Kini, kecerdasan buatan seperti Jarvis ini sudah bukan imajinasi semata. Di dunia nyata, AI sudah merambah berbagai aspek kehidupan.

Banyak ilmuwan dunia yang mengembangkan AI dengan tujuan untuk mempermudah manusia dalam kegiatan sehari-hari.

Sudah banyak teknologi canggih hasil dari pengembangan kecerdasan buatan ini yang diaplikasikan pada alat-alat yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, antara lain robotika, kendaraan, komputer, dan smartphone.

Salah satu contoh sederhananya adalah AI yang ada di smartphone kita. Meski belum secanggih AI yang dikembangkan oleh Tony Stark, kamu sudah bisa mencicipi AI di smartphone dengan memerintahkannya mengirim pesan ke orang lain, menganalisis situasi jalanan saat ini, hingga memberikan ramalan cuaca yang akurat.

3. Perisai Captain America

Tak cuma dikenal memiliki fisik kuat, sosok Captain America juga memiliki pelindung berupa perisai yang sangat tangguh.

Perisai tersebut terbuat dari paduan vibranium dengan Adamantium, sebuah elemen besi yang bukan berasal dari Planet Bumi. Tak cuma kuat menahan serangan, perisai tersebut juga bisa menyerap energi kinetik dan membuatnya lebih kuat.

Terinspirasi dari kekuatan perisai Captain America, seorang YouTuber bernama James Hobson alias The HackSmith sukses membuat tameng bergambarkan bintang dengan warna merah-putih-biru tersebut dalam dunia nyata.

Tak tanggung-tanggung, perisai Captain America buatannya itu bisa membuat balok kayu hingga beton sampai hancur dalam sekali pukul.

Bukan dengan material vibranium, perisai buatan The HackSmith menggunakan dua elektromagnet kuat yang mampu tetap melekat pada lengan Hobson. Jika dinyalakan dengan arus listrik 66 volt, magnet ini bisa menahan beban sekira 3.000 pounds.

4. Palu Thor
Jika Captain America memiliki pelindung berupa perisai, lain lagi dengan Thor. Dewa Petir ini memiliki senjata berupa palu yang dapat menyalurkan petir menjadi energi dahsyat guna melumpuhkan musuh hingga bisa menghancurkan sekitar. Palu tersebut dinamai Mjolnir.

Palu itu juga sangat berat dan hanya Thor yang bisa mengangkatnya. Bahkan sampai ada ungkapan, “Siapa pun yang memegang palu ini, jika dia layak, maka akan memiliki kekuatan Thor”.

Dalam kehidupan nyata, sebuah perusahaan bernama Applied Energetics mematenkan sebuah teknologi yang menggunakan laser dan sistem partikel cahaya untuk membuat kilat buatan.

Mereka juga sedang bereksperimen dengan ‘senjata kilat’ yang bisa menghentikan mobil berjalan atau menjinakkan bom dengan kilat cahaya.

5. Baju Terbang Iron Man
Kaya dan cerdas, sosok Tony Stark menyulap dirinya sendiri menjadi seorang superhero dengan teknologi serba canggih.

Salah satunya dengan menciptakan kostum berteknologi tinggi untuk dipakai sebagai senjata pertahanan dirinya. Kostum bernuansa merah dan emas itu juga bisa membuatnya terbang.

Terinspirasi oleh Iron Man, pada 2017 lalu seorang pria bernama Richard Browning berhasil membuat kostum jet yang menyerupai konsep baju armor Iron Man.

Ditenagai dengan mesin jet, baju bernama Deadlus ini bisa membawa Richard terbang sejauh 100 meter dengan kecepatan 51,53 km/jam. Mirip seperti Iron Man, baju canggih ini juga dapat dikontrol hanya menggunakan gerak tubuh penggunanya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *