Robot Pembantu Pekerjaan Rumah Tangga

Lotus4d.com  –  Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

Di zaman yang serba modern ini, robot pun juga digunakan untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Salah satu Negara maju yang bisa menciptakan robot canggih adalah Jepang dan salah satu robot yang diciptakannya adalah robot untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Orang Jepang sangat hebat bisa menciptakan teknologi yang canggih seperti Robot pembantu rumah tangga. Robot robot tersebut bukan cuma bisa membersihkan rumah tetapi bisa juga di ajak ke supermarket buat berbelanja.  Menurut saya tenaga kerja robot lebih kuat dari pada tenaga manusia..

Fungsi dari Robot Pembantu Pekerjaan Rumah Tangga sendiri sudah jelas, yaitu untuk memudahkan pekerjaan manusia, lebih efisien, efektif, cepat dan lebih tahan lama dibanding tenaga manusia.

Perbedaan tenaga kerja manusia dan robot ?

Tenaga kerja manusia suatu saat pasti ada rasa capek. letih. lemas dan lelah sedangkan tenaga kerja robot sangat kuat untuk membersihkan rumah dan tidak ada kata capek. Tetapi jangan juga mengandalkan robot. Sekarang di jepang menciptakan robot pembantu rumah tangga yang baru yang bernama robot TWENDY ONE. Robot ini bertujuan untuk membantu manusia untuk membersihkan rumah, dan melakukan kegiatan manusia dalam kehidupan sehari hari. Seperti memanggang roti, mengepel lantai, mencuci piring dan gelas, memasak serta bisa diajak shooping.

Disibukkan dengan pekerjaan kantor dan hal-hal lainnya, membuat kita jadi sulit untuk beristirahat. Di saat hari biasa kita disibukkan dengan pekerjaan kantor, di akhir pekan kita masih harus disibukkan dengan merapihkan rumah. Bagi yang rumahnya kecil tentu tidak begitu masalah, tapi bagaimana bagi mereka yang memiliki rumah besar?

Untuk itulah kita membutuhkan yang namanya pembantu. Bukan pembantu manusia, melainkan robot pembantu. Dengan robot pembantu, kita tidak perlu khawatir lagi akan capek membersihkah rumah. Robot pembantu ciptaan Honda bernama Asimo didesain khusus untuk membantu tugas manusia dalam hal berberes rumah.

Selain Jepang, Negara lain yang turut menciptakan robot untuk membantu pekerjaan rumah tangga adalah Prancis. Romeo adalah sebuah robot yang didesain oleh sebuah perusahaan Prancis, Aldebaran Robotics untuk membantu para lansia ataupun orang yang memiliki cacat tubuh, dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Romeo ini dinilai sangat berguna, selain karena bisa menjadi seperti asisten sungguhan, tidak berbahaya, dia pun dapat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Aldebaran Robotics sudah merancang robot pembantu ini sejak tahun 2009, dan saat ini Romeo sudah siap untuk memenuhi semua harapan para peneliti dan tentunya para orang tua karena akan sangat berguna bagi mereka.

Dengan berat sekitar 40 kilogram, Romeo dapat membantu manusia terutama lansia untuk membantu mereka dalam kegiatan sehari-hari. Selain bentuknya yang seperti manusia, ukurannya juga sangat sesuai untuk melakukan berbagai macam tugas di rumah.

Romeo si robot pembantu dapat membantu Anda membukakan pintu, membawakan anda barang-barang, bahkan mengambil sesuatu di tempat yang tinggi dengan naik ke atas kursi. Romeo dapat memahami dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dengan cara mendeteksi ekspresi wajah seseorang.

Robot yang didesain untuk dapat membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari ini menggunakan teknologi yang disebut force control, di mana Romeo dapat mengontrol gerakannya sediri. Dia mampu memutuskan seberapa besar kekuatan yang harus dikeluarkan, sesuai dengan tugas yang akan dilakukan.

Semua informasi perintah dapat diterima Romeo melalui beberapa sensor yang tersebar diseluruh bagian badannya, seperti kamera dan sensor sentuh.

Lebih canggih lagi, selain dapat membantu melakukan pekerjaan sehari-hari, Romeo pun dapat berperan sebagai teman. Robot ini dapat merasakan emosi manusia, berbicara, memiringkan kepala, bahkan melakukan kontak mata yang membuat robot ini benar-benar seperti manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *