Ini tips lari sehat tanpa bahayakan kesehatan

Lotus4d.com – Anggota komunitas IndoRunners, Rian Krisna berkenan untuk membagikan beberapa beberapa informasi bagi para pelari, khususnya pemula. Menurut Rian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berlari, antara lain kenyamanan sepatu berlari.

“Enggak ada standar sepatu yang bagus itu yang seperti apa, tidak bisa kita bilang merek apa cocok untuk semua orang, setiap orang memiliki kenyamanan kaki masing-masing. Jadi kita enggak bisa bilang merek ini bagus, merek itu enggak bagus, yang penting nyaman dipakai lari,” tutur Rian kepada merdeka.com, Kamis (30/4).

Menurut Rian, untuk mengetahui outfit atau perlengkapan lari yang cocok, seseorang harus lebih dulu mengenal dirinya. Selain itu, menurut Rian tidak ada waktu khusus untuk berlari. Namun sangat perlu diperhatikan faktor keselamatannya.

“Waktu lari paling baik itu pagi, kalau malam itu karena dari sisi cahaya gelap, safety-nya kurang,” tutur Rian.

Rian mengkritisi pelari yang melakukan aktivitas lari di bawah terik matahari, menggunakan jaket tebal atau jaket parasut dengan tujuan membakar lebih banyak kalori. Menurut Rian, lari di bawah terik matahari menggunakan jaket justru membahayakan kesehatan.

“Lari siang pakai jas hujan itu salah banget, dipikirnya makin panas, keringat makin banyak, makin kurus, itu salah banget. Justru jaket itu bikin panas enggak bisa keluar, akhirnya dehidrasi, bahkan bisa heat stroke,” tutur Rian.

Untuk lokasi berlari, Rian mengaku dirinya tidak membatasi diri dalam berlari. Bahkan, apabila tidak sempat, Rian menggunakan tangga sebagai track lari.

“Di dalam ruangan dengan di dalam ruangan itu sama baiknya, masing-masing punya peminat, ada yang lebih suka lari di dalam ruangan, ada yang lebih suka lari di luar ruangan. Saya kadang lari di tangga,” ujar Rian yang rutin berlari hingga 4 kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *