Ibu wajib tahu, ini 5 tips menjaga kesehatan bayi

Lotus4d.com – Semua ibu tentu saja ingin memiliki bayi yang sehat. Tetapi, dalam beberapa hal alasan yang membuat kesehatan sang bayi terganggu adalah kurang terjaga kebersihan disekitar bayi. Terlebih sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah dan ini membuatnya sangat rentan terhadap infeksi. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, para ibu wajib memperhatikan enam tips menjaga kebersihan yang berujung pada perlindungan terhadap kesehatan bayi. Melansir dari boldsky.com, berikut ini adalah enam tips untuk tetap menjaga kesehatan bayi kamu.

1. Mencuci tangan

Setiap kali kamu akan menyentuh bayi, usahakan untuk membersihkan tangan. Meski tak terlihat, tangan membawa berbagai macam bakteri dan bahkan virus yang bisa menyerang bayi saat kamu menyentuhnya. Hal yang sama juga berlaku setelah kamu menyentuh bayi, seperti memberi makan atau bahkan mengganti popoknya.

2. Mensterilkan botol susu

Jika sang bayi mendapatkan susu dalam botol, sangat penting untuk mensterilkan botol susu dengan benar. Merebus botol dalam air adalah cara yang tepat untuk mensterilkan botol susu. Cara ini dapat membunuh sebagian besar kuman yang berbahaya bagi sang bayi. Cara ini baik untuk botol yang terbuat dari kaca. Bagi botol plastik, cara ini tidak dianjurkan kecuali bahan yang digunakan aman untuk air mendidih.

3. Membersihkan mulut bayi

Memang benar bayi tidak memiliki gigi, tetapi ini bukan berarti kamu mengabaikan kebersihan mulutnya. Karena mulut sang bayi masih sangat halus dan sensitif, bersihkan mulutnya dengan menggunakan kain lembut. Cara ini membantu membersihkan sisa makanan yang tersisa dalam mulutnya. Ini cukup efektif untuk mencegah infeksi jamur pada lidah sang bayi.

4. Mengganti popoknya

Ini adalah hal yang jarang diperhatikan oleh sang ibu. Rajin memperhatikan popok bayi akan membantu dia terlindungi dari infeksi. Jangan biarkan popok bayi semalaman, karena hal ini membuat bayi rentan terkena infeksi saluran kemih dan ruam. Gantilah popok sesering mungkin, terutama setelah mereka buang kotoran, dan jangan biarkan sampai popok terlalu penuh karena air pipis.

5. Memandikan bayi

Untuk hal ini kamu bisa melakukannya dengan membersihkan tubuh bayi dengan kain lembut atau langsung memandikannya. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama pada tubuh bayi. Ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan tubuh si mungil.

6. Kebersihan payudara ibu

Ini seringkali diabaikan oleh ibu. Ingat, tubuh kamu berkeringat dan kamu juga meletakkan beberapa bahan kimia pada tubuh seperti parfum dan deodoran. membersihkan puting susu sebelum menyusui adalah cara yang tepat untuk melindungi bayi dari penyakit. Bersihkan dengan menggunakan kain basah yang hangat.

Ini adalah beberapa tips paling mendasar untuk menjaga kebersihan dan tentu saja kesehatan sang bayi. Meskipun sederhana, kamu tidak boleh mengabaikan hal ini, demi terlindunginya sang bayi dari serangan berbagai penyakit yang terus mengintai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *