Khofifah serang Gus Ipul soal kemiskinan selama 9 tahun pemerintahannya

Lotus4d.com – Khofifah Indar Parawansa, calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu mempertanyakan yang dilakukan calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) selama 9 tahun pemerintahannya bersama Pakde Karwo dalam entaskan kemiskinan di Jawa Timur. Sebab menurut Khofifah, pertumbuhan ekonomi bagus namun terjadi ketimpangan dan kemiskinan di Jawa Timur.

“Kemiskinan di desa ada sekitar 15,8 persen dan di kota 7,8 persen. Apa yang Gus Ipul lakukan selama 9 tahun untuk tekan angka kemiskian?” tanya Khofifah dalam Debat Publik Perdana Pilgub Jawa Timur, Selasa (10/4) malam.

Gus Ipul mengatakan kemiskinan di Jatim sudah menurun sejak pemerintahannya. Dari 16 persen, lanjut dia, kemiskian sudah bisa turun sampai 11,2 persen. Menurut dia, jumlah tersebut sudah masuk kerak kemiskinan yang diakibatkan pertumbuhan ekonomi yang tak merata.

“Selama 9 tahun, saya wagub. Keputusan terkait itu tergantung pada gubernur. Ini tergantung dengan gubernur. Anggaran tetap gubernur,” jawab dia.

Khofifah mengaku selalu berkoordinasi menekan angka kemiskinan dengan wagub selama menjadi Menteri Sosial. Sebab, kata Khofifah, wagub merupakan ketua tim di daerah dalam program tersebut.

“Ketua tim penanggulangan kemiskinan itu wagub. Tapi kenapa kemiskinan dan ketimpangan masih terjadi di Jatim,” jelas dia.

Kemudian, Gus Ipul kembali memberikan pertanyaan kepada Khofifah terkait prestasi Jatim yang layak dipuji.

“Sudah saya bilang tadi, ekonominya kuat, eksportnya tertinggi dan migasnya kedua dari Riau. Tapi kenapa masih ada ketimpangan dan kemiskinan yang terjadi di Jatim?” kata Khofifah.

“Tumbuhkan pertanian,” kata Gus Ipul yang dipotong pembawa acara karena waktu selama empat menit sudah habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *