Dalam 3 bulan, 367 tersangka narkoba ditangkap di Sumbar

Lotus4d.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar mencatat selama bulan Januari hingga Maret 2018 telah menangkap 367 orang tersangka dalam 280 kasus penyalahgunaan narkoba. Dari jumlah itu, tiga di antaranya merupakan perempuan yang disinyalir sebagai pengedar.

“Jumlah ini meningkat dibandingkan triwulan tahun lalu yang hanya 243 kasus dengan 310 tersangka,” terang Direktur Reserse narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Kumbul Kusdwijanto Sudjadi saat jumpa pers di Mapolda Sumbar, Selasa (3/4).

Dibeberkannya, selain jumlah kasus dan tersangka yang meningkat, untuk barang bukit yang disita juga mengalami hal yang sama. Salah satu yang mengalami peningkatan narkotika jenis ganja.

“Untuk tahun lalu narkotika ganja yang disita seberat 67,85 kg, sedangkan tahun ini meningkat menjadi 130,69 kg. Sedangkan untuk sabu yang disita tahun lalu mencapai 1.608,62 gram namun menurun di tahun ini yang hanya mencapai 1,179,11 gram,” katanya.

“Sementara untuk jumlah ekstasi meningkat dari empat butir menjadi 31 butir dalam triwulan tahun ini,” sambungnya.

Dia menambahkan para pelaku didominasi usia 20 hingga di atas 30 tahun. Mayoritas pelaku penyalahgunaan narkoba ini adalah laki-laki dan untuk perempuan hanya tiga orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *