Berambut dan Menghitam, 9 Kelainan Lidah yang Perlu Kamu Waspadai

Lotus4d.com – Jakarta – Dengan adanya indra perasa pada lidah, kita bisa menikmati dan mengecap segala macam hidangan lezat. Tak hanya itu, lidah juga memiliki sejumlah manfaat lainnya yang tak kalah penting dengan organ tubuh lainnya.

Di antaranya, lidah membantu proses sistem pencernaan dan melindungi mulut dari kuman.

Kelainan pada lidah sebenarnya juga bisa terjadi dan kadangkala jarang disadari oleh banyak orang. Melansir Playground, Selasa (9/1/2018) berikut ini merupakan kelainan pada lidah yang jarang kita ketahui.

1. Lidah berjendul dan kekuningan

Lidah seperti ini disebabkan karena jamur candida albican yang juga bertanggung jawab dengan terjadinya infeksi pada vagina. Orang yang mengalami lidah seperti ini biasanya memiliki sistem imun tubuh yang lemah atau sedang mengalami kemoterapi.

Namun, kelainan ini tak selalu merujuk pada kasus yang serius. Jika kamu sedang mengonsumsi antibiotik tertentu, reaksi dari antibiotik dapat memicu kondisi lidah seperti ini.

2. Lidah bewarna hitam dan berbulu

Lidah bewarna hitam dan berbulu

Kondisi lidah seperti ini memang jarang terlihat orang banyak orang. Namun, kelainan lidah tersebut tak seburuk penampilan luarnya. Lidah bewarna hitam dan berbulu bisa merujuk pada bagian papila lidah yang tumbuh lebih besar daripada lidah normal lainnya. Biasanya pertumbuhan papila yang tak normal seperti lidah ini, dapat disebabkan karena menyebarnya bakteri.

Kelainan pada lidah seperti ini juga disebabkan karena merokok dalam jangka panjang, minum kopi yang berlebihan, dehidrasi parah, kekeringan pada mulut, hingga tingkat kebersihan yang rendah pada rongga mulut.

3. Munculnya rambut kecil pada lidah

Kondisi seperti ini biasanya disebut dengan paratrichosis. Hal ini bisa terjadi sebagai hasil dari operasi ataupun rekontruksi lidah yang pernah mengalami kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *