Waspadai! 9 Gejala munculnya kanker tulang pada anak-anak

LOTUS4D.COM-Kanker merupakan penyakit yang tidak pandang usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Itulah sebabnya tak jarang kanker sering muncul di anggota tubuh yang tidak lazim, seperti tulang. Dan kabar buruknya, anak-anak bisa terkena kanker tulang.

BERITA TERKAIT

    Pada anak-anak, tumor ganas yang jadi cikal bakal kanker akan tumbuh di sel tulang rusuk dan kemudian menghancurkan jaringan di dekatnya. Untuk itu, pengenalan gejala kanker sejak dini wajib dilakukan.

    Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa gejala kanker tulang yang muncul di anak-anak.

    Rasa sakit
    Setiap anak yang menderita berbagai bentuk kanker tulang akan mengeluhkan rasa sakit yang menetap. Rasa sakit akan berkembang di tulang yang terkena dan menjalar hingga ke area persendian. Dan rasa sakit ini tidak mudah hilang begitu saja. Oleh karena itu segera periksakan jika buah hati mengalami rasa sakit yang tidak wajar.

    Pembengkakan
    Gejala umum kedua adalah munculnya pembengkakan atau benjolan di area yang terkena.

    Pincang
    Ketika tumor berkembang jadi lebih ganas, anak akan mengalami kepincangan. Terutama jika tumor ini tumbuh di kaki.

    Sulit bergerak
    Tiba-tiba mengalami kesulitan bergerak yang mencurigakan? Saatnya berkonsultasi dengan dokter.

    Tulang rapuh
    Pembentukan tumor ganas di tulang atau jaringan lunak di sekitarnya bisa membuat tulang rapuh. Apalagi pada jenis kanker metastatik yang bisa membuat tulang pecah atau patah.

    Demam
    Anak-anak sering mengalami demam. Namun jika demam ini muncul tanpa alasan yang jelas dan berlangsung lama, bisa jadi ini adalah gejala awal dari kanker tulang.

    Kelelahan
    Tumbuhnya kanker sering membuat si penderita kelelahan. Sebabnya, sel kanker akan menyerap energi yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi.

    Berat badan berkurang
    Mereka yang terdampak kanker sering mengalami penurunan berat badan tanpa alasan jelas. Begitu pula dengan kanker tulang.

    Anemia
    Anemia menjadi gejala awal lainnya dari kanker tulang. Hal ini terjadi karena sel kanker akan menyebabkan pendarahan jaringan secara internal dan membuat hemoglobin menurun.

    Itulah beberapa gejala awal dari kanker tulang. Jika kamu menemukannya, segeralah berkonsultasi dengan onkologi terdekat untuk mendapatkan penanganan yang terbaik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *