Sedang menderita perilaku emotional eating? Ini tips sederhana untuk sembuh

LOTUS4D.COM-Selain anoreksia dan bulimia, ada 1 lagi pola makan yang membahayakan tubuh yaitu emotional eating.

Mereka yang menderita emotional eating seringkali makan tidak untuk membuat perut kenyang, namun mencari kenyamanan dan kegembiraan sebagai respon atas stres dan tekanan yang terjadi. Jika tidak diobati, perilaku emotional eating bisa berujung pada kecanduan makanan, obesitas karena kamu selalu makan setiap waktu, dan munculnya penyakit berbahaya sebagai akibat dari perilaku emotional eating.

Kamu sendiri sedang menderita hal yang sama? Coba sembuhkan diri dengan tips sederhana berikut ini seperti yang dilansir dari boldsky.com.

Dengarkan emosi diri
Emotional eating terjadi ketika seseorang lebih suka menggunakan makanan sebagai upaya untuk mengatasi pikiran negatif. Sehingga ketika hal negatif ini terjadi, dengarkan dan pahami. Bila emosimu sedang kacau, katakan pada diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja.

Emosi adalah hal yang wajar. Setelah kamu bisa memahami dirimu sendiri dengan baik, cari cara positif untuk melawan emosi negatif yang ada.

Bersyukur
Perasaan tidak nyaman bisa dikalahkan dengan syukur. Lihat sekelilingmu dan hitung hal baik apa saja yang sudah kamu raih, termasuk sebuah pujian sederhana. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih positif.

Tenangkan diri
Menenangkan diri juga bisa menjadi cara sederhana untuk melawan perilaku emotional eating. Tarik napas perlahan dan menyepilah sejenak ketika amarah, rasa tidak sabar, kekhawatiran, dan segala macam pikiran negatif itu datang.

Beraktivitas
Ada kalanya kamu tidak bisa diam saja untuk melawan semua perasaan negatif yang datang. Oleh karena itu, lakukan aktivitas atau kegiatan untuk mengalahkan dan mengalihkan pikiran dari hal negatif.

Menulis jurnal
Menulis jurnal seperti diary atau blog juga bisa menjadi cara efektif untuk menyembuhkan diri dari emosi negatif. Tulis semua hal yang membuatmu takut, semua kekhawatiran, dan harapanmu. Sesekali, lakukan sambil mendengarkan musik favorit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *