Ditemukan peradaban kuno di Meksiko, punya 40 ribu gedung layaknya New York!

LOTUS4D.COM-Berbekal teknologi laser LiDAR, para ilmuwan masuk ke kota kerajaan bernama Purepecha di Mexico, dan ditemukan lahan bekas perkotaan seluas 26 kilometer persegi.

Melansir Engadget, arkeolog dari Colorado State University, Chris Fisher, menyebut bahwa kota tersebut adalah peradaban yang memiliki 1.500 bangunan per kilometer persegi tanah. Jika dihitung, kita bisa mendapat sekitar 40.000 pondasi bangunan di atas sana. Ini adalah jumlah bangunan yang sama dengan pulau Manhattan New York City. Kota ini dipenuhi oleh populasi masyarakat Purepecha yang ada bersamaan dengan suku Aztec.

Hal ini ditemukan berkat teknologi LiDAR yang punya kekuatan meneropong di balik lava yang menutupinya. Berkat teknologi ini, ilmuwan juga menemukan bahwa kota ini memiliki tata letak yang tak biasa dengan struktur besar layaknya piramida dan plaza terbuka yang berada di tepian kotanya.

Penggunakan LiDAR sendiri yang berbasis cahaya, semakin umum dalam arkeologi. Pasalnya, peneliti bisa memidai area tanah yang sangat luas ahnya dalam hitungan menit. LiDAR juga bisa menciptakan peta 3D dari lansekap tersebut dengan memancarkan laser ke tanah dari pesawat. Laser ini bisa menembus daun dan tanah, dan memungkinkan para ilmuwan bisa melihat kondisinya tanpa menebang pohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *