‘Valentino Rossi bakal balapan sampai bosan’

LOTUS4D.COM-A�A�Ibunda Valentino Rossi, Stefania Palma, meyakini bahwa rider Movistar Yamaha MotoGP tersebut akan terus balapan sampai merasa bosan dan tak lagi menikmati kompetisi. Dalam wawancaranya bersama Cycle World, Palma juga mengaku yakin anaknya masih sangat tergila-gila untuk terlibat dalam pengembangan motor.

Rossi menjalani debut Grand Prix di kelas GP125 pada 1996 silam, dan musim ini adalah musim ke-19 Rossi turun di kelas tertinggi (GP500/MotoGP). Akhir pekan ini, ia akan berusia 39 tahun, dan kontraknya bersama Yamaha akan habis akhir tahun nanti. Banyak pihak cemas ia akan pensiun, namun Palma mengaku ragu.

“Ia masih passionate dan terlibat dalam pengembangan. Anda akan sadar dari cerita-cerita yang ia sampaikan. Ia sangat tertarik pada sisi teknis, tertarik mengetahui detail terkecil, sungguh fokus pada pengembangan motor. Ia suka masa-masa mempersiapkan diri sebelum musim dimulai. Dalam balapan, ia suka mengatur strategi, mencoba hal berbeda dan mempelajari rider lain,” tuturnya.

Palma juga yakin Rossi baru akan pensiun bila sudah tak lagi menikmati balapan. “Ia sangat mencintai motor dan balapan. Ia berlatih setiap hari dan berusaha keras tampil kompetitif setiap tahun. Saya rasa ia akan tetap balapan sampai tak lagi menikmatinya. Suatu hari nanti ia pasti akan memutuskan, namun saat ini saya melihatnya masih sangat ingin terlibat,” ujarnya.

Meski begitu, wanita asal Italia ini tak memungkiri ada kalanya nanti Rossi akan benar-benar meninggalkan MotoGP dan melakukan kegiatan lain, meski pasti berat diterima oleh banyak pihak.

“Memang selalu berat menutup sebuah bab dalam hidup Anda. Tapi saya rasa orang selalu termotivasi pada prinsip ingin memperbaiki diri. Saat Vale paham ia punya hal lain yang bisa ia kerahkan ke hal lain, ia akan melakukannya. Tapi saat ini ia masih punya banyak hal yang bisa ia kerahkan untuk MotoGP,” tutup Palma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *