Piutang Arema di LIB tak sekadar subsidi dan hak komersial

LOTUS4D.COM-A�Piutang Arema di PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 musim 2017 ternyata tak sekadar subsidi belaka. Klub berlogo singa mengepal ini, dan klub-klub peserta lainnya, juga masih memiliki hak yang belum terbayarkan oleh PT LIB.

Menurut Media Officer Arema FC, Sudarmaji, PT LIB masih belum membayarkan kewajiban mereka terkait rating dan ranking klub. Total, bagi 18 klub, nilai kewajiban rating dan ranking berjumlah Rp 30 miliar.

“Soal pembagian seperti apa, itu proporsional,” ujar Sudarmaji.

“Ini yang pada pertemuan beberapa waktu lalu diusulkan untuk dicicil selama tiga tahun,” sambungnya.

Lebih lanjut, menurut Sudarmaji, Arema FC akan kembali mengirim surat ke PT LIB. Ini merupakan surat ketiga dari manajemen klub tersebut terkait pembayaran hak mereka oleh operator.

“Arema sudah mengirim surat pekan lalu untuk memohon agar sisa subsidi dan hak komersil kami dibayarkan,” tuturnya.

“Namun setelah tujuh hari belum ada tanggapan, pekan ini kami akan kembali berkirim surat untuk mengingatkan,” ia menambahkan.

Arema sendiri saat ini masih memiliki piutang sekitar Rp 2,1 miliar, terdiri dari Rp 600 juta subsidi dan Rp 1,5 miliar hak komersial. Dari piutang total senilai kira-kira Rp 2,7 miliar, Arema baru menerima sekali pembayaran, senilai Rp 600 juta.

Semestinya, sesuai janji mereka, PT LIB seharusnya sudah melunasi utang subsidi pada klub-klub peserta Liga 1 musim 2017 pada akhir Januari lalu. Namun, kendati saat ini sudah memasuki Februari, belum nampak tanda-tanda pelunasan.

Sementara itu, manajemen Arema FC mengaku banyak belajar dari pengalaman ini. Karenanya, klub ini tak lagi mengandalkan subsidi sebagai tulang punggung skema keuangan mereka, mulai musim ini.

Menurut General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, kali ini Arema memperbanyak sumber-sumber pendapatan di luar subsidi. Salah satu yang mereka genjot, sambungnya, adalah mencari sponsor sebanyak-banyaknya.

“Alhamdulillah, kendati kompetisi belum mulai, gaji pemain sudah terbayar dan tak ada masalah,” tandas Ruddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *