Ini penyebab bola ubi tidak kopong dan cara memasaknya yang benar

Lotus4d.com – Hobi menyantap bola ubi kuning, gorengan kekinian yang sekarang lagi digemari para pecinta kuliner? Bisa jadi kamu malah sudah mempraktikkan resepnya yang sudah kami publikasikan beberapa waktu lalu. Tetapi mungkin kamu masih mengalami kegagalan dalam membuatnya.

Salah satu kegagalan yang paling sering terjadi saat membuat bola ubi adalah bagian dalam bola ubi masih padat dan bagian luarnya gosong. Ada beberapa alasan kenapa hal seperti ini bisa terjadi.

Penggunaan baking powder

Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), sebaiknya diamkan dulu adonan sekitar setengah jam agar bola ubi bisa mengembang sempurna saat digoreng. Jika baking powder yang digunakan adalah jenis single acting, sebaiknya adonan segera digoreng.

Minyak kurang panas atau terlalu panas

Baking powder hanya akan bereaksi jika bersentuhan dengan panas yang tepat. Jadi jangan sekali-sekali memasukkan adonan pada minyak yang belum panas. Tetapi pastikan untuk menggunakan api kecil saja agar bola ubi tidak cepat gosong.

Kurang ditekan-tekan saat menggoreng

Anda tidak bisa menggoreng banyak bola ubi sekaligus karena Anda butuh ruang untuk menekan-nekannya. Masukkan dua atau tiga bola ubi ke dalam minyak panas. Tunggu hingga cukup mengembang, kemudian tekan-tekan dengan spatula agar bagian dalamnya matang dan kopong.

Bola ubi diangkat sebelum benar-benar kering

Bisa jadi bola ubi yang sudah mengembang cantik kempis kembali saat diangkat dari minyak. Ini berarti bagian luarnya belum benar-benar kering.

Bola ubi yang sempurna adalah yang mengembang dua kali lipat dari ukuran aslinya, berongga, dan tidak kempes saat diangkat dari minyak. Selamat mencoba memasak bola ubi untuk kedua kalinya. Semoga kali ini hasilnya sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *