Pertumbuhan pengguna lemah, Snapchat pecat karyawan

LOTUS4D.COM – Snapchat dikabarkan memberhentikan setidaknya 24 orang di berbagai divisi di dalam perusahaan induknya, Snap, Inc. Hal ini menambah redup kiprah Snapchat sejak tahun lalu.

Melansir Techcrunch, Snap telah mengkonfirmasi adanya PHK ini, di mana sebagian besar merupakan karyawan dari tim konten yang ada di kantor New York dan London. Techcrunch menulis, lebih dari separuh karyawan yang diberhentikan adalah dari divisi konten.

Snap menyatakan bahwa apa yang tersisa dari divisi konten Snapchat akan direlokasi ke Venesia, California, untuk tetap mempekerjakan mereka di divisi konten. Snap menyebut bahwa “ini hanya bagian dari menemukan orang yang tepat dari pekerjaan tersebut.”

Hal ini mungkin sudah diantisipasi sebelumnya. Pasalnya Snap butuh reorganisasi demi pengurangan biaya pasca pertumbuhan pengguna yang loyo akhir-akhir ini.

Sebelumnya, Snapchat yang merupakan aplikasi jejaring sosial yang populer dalam beberapa tahun lalu, kini makin redup karena kalah saing dengan Instagram dengan fitur Story-nya. Fitur Story sendiri sebenarnya adalah gubahan dari fitur Story milik Snapchat.

Di 2017 sendiri, hal ini diperburuk dengan buruknya penjualan Spectacles yang merupakan produksi Snap Inc. Ini adalah kacamata sunglass yang bisa digunakan untuk merekam video maupun foto.

Akhirnya Snapchat jadi perusahaan terbuka dan sahamnya dijual, demi adanya revolusi Snapchat yang sudah digaung-gaungkan sejak lama.

Raksasa internet dari China, Tencent, akhirnya membeli 12 persen saham Snap, Inc., dengan nilai 2 milyar dollar. Tencent sendiri siap membantu membuat Snapchat lebih mudah digunakan, dengan berbagai pengalamannya membesarkan aplikasi messaging WeChat.

Meski berbagai kegagalan tersebut melanda Snap, ada beberapa hal baik yang juga menaungi Snap. Mulai dari fitur Search dan Snap Maps yang merupakan fitur terbaik Snapchat, pembaruan aplikasi yang salah satunya adalah pengakuan pada influencer, pembaruan di aplikasi Android yang penggunanya makin banyak, hingga aplikasi milik Snap Bitmoji yang jadi aplikasi paling populer di 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *