Google kerja sama dengan Tencent, Google bisa masuk China?

LOTUS4D.COMGoogle baru saja mengumumkan perjanjian lisensi silang paten dengan raksasa teknologi dari China, Tencent.

Ranah dan cakupan kerja sama antar keduanya tidak disebutkan secar detil, namun disebut mencakup “berbagai produk dan teknologi dan berjangka panjang.” Dengan kata lain, dua perusahaan ini bekerjasama dalam hal inovasi dan teknologi masa depan.

“Kami senang bisa menandatangani lisensi silang paten dengan Tencent. DEngan bekerja sama dalam kesepakatan seperti ini, perusahaan teknologi dapat fokus untuk membangun produk dan layanan yang lebih baik bagi pengguna,” ungkap Mike Lee, Petinggi Google di divisi patent.

Layanan pencarian Google sebenarnya diblokir di China. Perjanjian ini pun tak berpengaruh apapun, di mana Google tetap diblokir. Padahal, ini adalah langkah ke-sekian Google untuk masuk ke China. Pada Desember lalu, Google mengumumkan tentang pembuatan laboratorium kecerdasan buatan di Beijing yang jadi fasilitas Google di China setelah sebelumnya ada di Shenzen. Sebelumnya jika Google berinvestasi ke sebuah layanan streaming bernama Chushou.

Untuk Tencent yang produk utamanya adalah WeChat yang sangat populer di China, ini adalah langkah mereka untuk lebih mengglobal lagi. Tencent sudah melakukan serangkaian investasi di berbagai perusahaan seperti Snap, Tesla, Spotify, tak lupa Go-Jek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *