Sebuah Tautan Bisa Bikin iPhone dan iPad Langsung “Hang”

Lotus4D.Com Jebakan “text bomb” untuk mengacaukan kerja perangkat Apple lewat kode yang dikirim lewat pesan teks kembali muncul.

Kali ini, seorang pengembang software bernama Abraham Masri menemukan sebuah bug yang bisa dipicu dengan mengklik sebuah tautan yang dikirim lewat aplikasi pesan Messages.

Tautan tersebut menuju ke sebuah situs yang dibikin oleh Masri. Isinya berupa ratusan ribu karakter tak penting dalam metadata. Begitu Messages di perangkat iOS macam iPhone dan iPad hendak memunculkan preview situs, aplikasi tersebut mendadak bakal langsung hang. Sistem operasi pun akan menyusul crash.

“Text bomb” ini bisa dipakai untuk iseng membuat iPhone dan iPad seseorang menjadi crash hanya dengan mengirim si tautan lewat pesan teks, meski Masri mengimbau untuk tidak melakukannya.

Messages pun akan kembali hang saat coba dibuka lagi. Cara untuk mencegahnya adalah dengan cepat-cepat menghapus thread percakapan yang mengandung tautan tersebut.

Domain hosting situs yang dituju oleh tautan juga bisa diblokir lewat fasilitas Parental Restriction di menu settings. Kebetulan situs bikinan Masri menggunakan GitHub sebagai hosting, maka yang mesti diblokir adalah domain GitHub.io.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *