Mengintip manfaat quinoa, karbohidrat sehat yang tetap bikin kenyang

LOTUS4D.COM -A�Ketika tubuh mulai menggemuk, maka itu jadi alarm bagimu untuk mulai memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Termasuk dengan mengurangi jumlah karbohidrat tak sehat dari makanan bertepung atau membatasi konsumsi nasi.

Akhir-akhir ini muncul quinoa, biji-bijian yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti karbohidrat yang lebih sehat namun tetap bikin kenyang. Dilansir dari boldsky.com, ini dia manfaat sehat dari quinoa.

Kaya antioksidan
Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radila bebas.

Mengandung protein lengkap
Hanya ada sedikit makanan di dunia ini yang mengandung semua 9 asam amino esensial di dalamnya, termasuk lisin dan isoleusin. Dan quinoa termasuk salah satunya.

Kaya serat
Quinoa begitu tinggi akan serat sehat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaanmu.

Bebas gluten
Quinoa bebas gluten, protein yang bisa menimbulkan alergi seperti yang ada di dalam gandum lainnya. Sehingga jika kamu alergi akan gluten, maka kamu bisa mengonsumsinya.

Membantu menurunkan berat badan
Karena quinoa tinggi protein dan serat, maka makanan ini berguna untuk menurunkan berat badan. Kandungan proteinnya bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sementara kandungan seratnya mengurangi penyerapan lemak di usus dan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.

Mencegah kanker
Quinoa mengandung 3 senyawa alami pencegah kanker yaitu saponin, quercetin, dan lunasi. Semuanya berguna untuk melawan sel kanker dan bersifat anti inflamasi.

Mencegah aterosklerosis
Quinoa mengandung zat alami yang bisa mencegah pengerasan arteri dan pembentukan plak akibat kolesterol.

Kaya potasium
Saat kamu memiliki keseimbangan natrium dan potasium yang lemak di tubuh, maka kamu akan cenderung makan lebih banyak. Quinoa sendiri mampu memenuhi 10% kebutuhan potasium harianmu. Makanan ini juga bisa melindungimu dari stroke dan hipertensi.

Menguatkan tulang
Quinoa kaya akan 3 nutrisi penting untuk menguatkan tulang seperti mangan, magnesium, dan fosfor. Itulah mengapa quinoa dijadikan sebagai alternatif konsumsi makanan tinggi kalsium bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa susu.

Mencegah diabetes
Quinoa mengandung mangan dan magnesium. Keduanya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari diabetes. Konsumsi quinoa juga mampu mengendalikan kadar gula darah.

Kaya akan mineral
Quinoa begitu kaya akan besi, tembang, dan seng yang semuanya bermanfaat untuk tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *