Pimpinan Belum Terima Nama Pengganti Ketua DPR dari Golkar

JakartaA�- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengaku belum menerima usulan nama-nama calon pengganti Ketua DPR RI yang baru. Ketua DPR RI yang baru tersebut rencananya berasal dari Partai Golkar untuk menggantikan Setya Novanto.

“Belum (ada nama diusulkan),” kata Fadli Zon melalui pesan singkat kepadaA�detikcom, Selasa (26/12/20017) malam.

Sementara itu, Wakil Sekjen Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan belum ada nama-nama yang resmi diusulkan oleh partai menjadi Ketua DPR RI. Tapi dia mengakui ada dua nama yang populer di internal partai yaitu Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

“Sejauh ini belum ada pembicaraan di DPP Partai Golkar terkait nama-nama calon Ketua DPR RI. Dua nama-nama ini memang kerap disebut-sebut dalam perbincangan kami,”ujar Ace saat dikonfirmasi terpisah.

Ace menuturkan partainya memprioritaskan tokoh yang mempunyai jejak rekam bersih menjadi Ketua DPR. Dirinya menjelaskan ada beberapa kriteria untuk menjadi Ketua DPR yang baru yaitu pernah memimpin alat kelengkapan dewan (AKD), tidak memiliki masalah hukum, dan memiliki kemampuan komunikasi lintas partai yang baik.

“Kriteria ini sangat penting karena Ketua DPR RI harus mampu menjalin komunikasi lintas fraksi dalam mencapai target-target kinerja DPR baik legislasi, pengawasan maupun anggaran,” terang Ace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *